Kamis, 03 November 2011

Tentang GPS !!!


Lahirnya atau terbentuknya teknologi dapat dipengaruhi oleh beberpa factor. Seperti factor ingin mendapatkan rasa aman dan perlindungan terhadap property / fasilitas pribadi. Kedua factor tersebut yang merupakan factor dasar terciptanya teknologi barang bergerak, seperti kendaraan pribadi. Semua itu dapat terpenuhi dengan bantuan teknologi satelit yang bisa member informasi tentang posisi dimana keberadaan kendaraan kita pada saat itu. Namun piranti atau alat yang bisa mengirimkan sinyal lewat satelit itu harganya cukup mahal, maka diprlukan suatu alat penghubung dan akhirnya terciptalah suatu perpaduan teknologi Global Positioning System (GPS) melalui satelit dengan teknologi Global System for Mobile Communication (GSM). Sinyal GPS dipancarkan melalui satelit, sedangkan sinyal GSM dipancarkan melalui menara pemancar seluler. Fungsi dari menara pemancar seluler ini sendiri adalah sebagai sarana penghubung antara satelit dan objek yang akan dipantau. Pemakaian teknologi GPS ini bisa juga diaplikasikan pada Ponsel pribadi kita ataupun pada computer dan laptop. Hal ini disebabkan oleh salah satu sifat GPS yang dinilai oleh banyak kalangan lebih akurat dan fleksibel terhadap perubahan – perbahan yang terjadi.
Secara garis besar, peralatan dari GPS sendiri dibedakan menjadi beberapa macam menurut kebutuhan pemakainya, yaitu GPS Tracking System, GPS Geodetik, GPS Pemetaan (GIS) serta GPS Bluetooth. Diantara berbagai macam tipe GPS tersebut, yang lebih banyak dikenal oleh masyarakat adalah GPS Tracking System atau Vehicle Tracking (Fleet Management System). GPS jenis ini biasanya dipasang pada kendaraan-kendaraan, terutama kendaraan untuk keperluan bisnis-niaga, yang berguna untuk memantau sejauh mana keberadaan kendaraan tersebut melaju.
Selain sebagai alat tracking system, tekhnologi GPS juga bisa digunakan dan difungsikan sebagai alat untuk pemantauan, keamanan, komunikasi, dan layanan, seperti yang diterapkan oleh beberepa perusahaan vendor provider GPS di Indonesia (V track dan info track).
Jika kita akan membeli dan menggunakan teknologi GPS Tracking, kita harus dapat mengetahui apa itu yang disebut GPS, kegunaan GPS, Cara kerja GPS, Aplikasi penggunaan GPS, Akurasi GPS, Perangkat GPS, macam - macam tipe GPS dan cara – cara memilih dan membeli GPS.

0 komentar:

Posting Komentar